Laman

Rabu, 07 September 2011

kata-kata mutiara yang membangun rasa pantang menyerah

Kata mutiara tentang sahabat, harapan, amal, bahagia, muda, hak asasi manusia

Oleh S Belen
Almarhum Munir, pejuang HAM
Saya harus memegang pesan almarhum Munir bahwa perjuangan mengungkap kebenaran dan menegakkan keadilan ibarat mengejar awan. Mungkin kita tidak sempat merasakan hasilnya, tetapi generasi mendatang akan paham bahwa pelanggaran hak asasi manusia oleh negara harus dipertanggungjawabkan.” (Ny. Sumarsih, orang tua almarhum BR Norma Irawan atau Wawan, korban tragedi Semanggi, 11 November 1998, Kompas 8 September 2008)
Kebahagiaan sejati bukanlah seberapa banyak kita bahagia, tetapi berapa banyak orang bahagia karena kita. (Kiriman seorang teman dari Sintang, Kalimantan Barat)
Bekerjalah selagi hari masih siang.
Perjalanan yang sempurna itu melingkar, bahagia ketika berangkat dan bahagia ketika kembali. (Dino Basili)
Semua keberanian sejati dimulai dari dalam. (Eudora Welty)
Tentu saja bepergian itu lebih dari sekadar melihat pemandangan. Kegiatan ini adalah proses perubahan yang terus-menerus, secara mendalam dan permanen, mengenai pemikiran tentang hidup. (Miriam Beard)
Hidup itu hanya dua macam: petualangan yang menantang atau sebuah kekosongan. (Helen Keler)
Alangkah kurusnya perjuangan hak asasi yang selesai di tuntutan hukum. Thomas Aquinas, ketika mempelajari kemali karya-karya Aristoteles melalui pemikir muslim, sampai pada kesimpulan, tujuan hukum pada akhirnya adalah kebaikan bersama (bonum commune). (Karlina Supelli, Kompas 8 September 2008)
Setiap orang bisa menjadi hebat karena siapa pun bisa berbuat baik bagi orang lain. Kamu tidak perlu memiliki gelar sarjana. (Martin Luther King Jr)
“…kata terindah di bibir umat manusia adalah kata ‘ibu’ dan panggilan terindah adalah ibuku.” (Dari kisah hidup kahlil Gibran sweet 1209 blogspot)
Sweet candy is easy to buy …
Sweet word is easy to say …
But, … sweet friend like me …
Is hard to find… Ha ha ha (Kiriman P.Alfons Mana, 8 Juni 2008)
Doce nos quid agamus, quo gradiamur, quid efficere debeamus. (Ajarilah apa yang harus kami lakukan, bagaimana melakukannya, apa yang harus kami amalkan. (Kiriman Rm Bone Rampung, 1 Juni 2008)
Perlu waktu lama untuk bertumbuh menjadi muda. (Pablo Picasso)
Apa pun yang berhubungan dengan masa lampau yang telah lewat, yang terbaik selalu belum tiba. (Lucy Larcom)
Kasih itu menjadi hidup bila kita menjawab panggilan untuk saling bertanggung jawab atas hidup bersama. (Kiriman Sr Hilda dari Sambas, Kalimantan Barat)
Makin tua biola, makin indah nadanya. (Pepatah Inggris)
Masa tua seperti tiap hal lain. Membuatnya sukses, Anda harus mulai menjadi muda. (Fred Astaire)
Seorang diplomat adalah seorang pria yang selalu mengingat hari ulang tahun seorang wanita tapi tak pernah mengingat usianya. (Robert Frost)
Sedikit wanita mengakui usianya. Sedikit laki-laki yang berperilaku sesuai dengan umurnya. (Anonim)
Ada dua cara menyebarkan cahaya: menjadi lilin atau cermin yang memantulkan cahaya. (Edith Wharton)
Rahasia kebahagiaan adalah melakukan sesuatu untuk orang lain. (Kiriman seorang teman dari Sintang, Kalimantan Barat)

Mengangkut mayat setelah bencana tsunami Aceh
Orang muda bahagia karena ia memiliki kemampuan melihat keindahan. Siapa saja yang mempertahankan kemampuan melihat keindahan tak pernah menjadi tua. (Franz Kafka)
Manusia yang mulia adalah ia yang beradab, merendahkan diri ketika berkedudukan tinggi, memaafkan ketika berdaya membalas, dan bersikap adil ketika kuat. (Kiriman seorang teman dari Sintang, Kalimantan Barat)
Manfaat mencapai usia 80 tahun adalah seorang memiliki banyak orang untuk dicintai. (Jean Renour)
“Tiada obat seperti harapan, tiada insentif gaji sebesar dan tiada tonikum sekuat harapan hari esok.” (OS Marden)
Bepergian dengan harapan lebih baik daripada tiba di tempat tujuan. (Sir James Jeans)
Orang yang berharap melihat sukses di mana orang lain melihat kegagalan, sinar mentari tatkala orang lain melihat bayang-bayang dan kilat-guntur. (OS Marden)
Amal kasih adalah kekuatan mempertahankan apa yang kita tahu tidak bisa dipertahankan. Harapan adalah kekuatan bergembira dalam situasi yang kita tahu amat berat. GK Chesterton)

Yang masih tersisa hanyalah harapan. Doa seorang ibu Aceh setelah bencana tsunami.
Hati itu ibarat kristal, jagalah. Cinta itu ibarat parfum, sebarkanlah. Perasaan ibarat banjir, alirkanlah. Persahabatan ibarat payung, berbagilah. (Nikta, India)
Jangan pernah melepaskan suatu impian hingga Anda siap untuk menjadikannya kenyataan. (Kiriman seorang teman dari Sintang, Kalimantan Barat)
Action is the mother of hope” (Tindakan adalah ibu harapan). (Pablo Neruda, penyair Cile). Dikutip dari ucapan Ny Sumarsih, orang tua almarhum BR Norma Irawan atau Wawan, korban tragedi Semanggi, 11 November 1998. Ia menjelaskan bahwa dari Munir ia memahami sebaris kalimat ini. Kematian Munir yang tidak wajar menjadi seperti bara dalam diri Sumarsih untuk terus berjuang. (Kompas 8 September 2008)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
like a simple.. no more...
Diberdayakan oleh Blogger.